Banner

#MozBelajar Juni 2015, Liburan Impian di Jakarta Digital Valley

Hujan nyaris tak turun di bulan Juni dan kami bisa mengadakan lagi #MozBelajar untuk mereka yang ingin belajar tool-tool Webmaker. Kali ini, kami menggunakan tempat yang lebih luas, di Jakarta Digital Valley, yang berada di tengah kota Jakarta. Dari lantai 6 Menara Multimedia, para peserta bisa melihat pemandangan kota sambil mencari inspirasi makes seperti apa yang ingin mereka buat.

Awalnya, pendaftaran hanya dibuka untuk 25 orang, tetapi ternyata kami harus menambah jumlah kursi karena kapasitas ruangan yang lebih dari 50 orang. Pada akhirnya diputuskan bahwa kami hanya akan menerima 50 peserta.

Tema #MozBelajar Juni 2015 adalah Liburan Impian. Masing-masing peserta diminta untuk memilih tujuan perjalanan, yang nantinya akan ditampilkan dalam berbagai makes menggunakan tools Webmaker, seperti X-Ray Goggles, Thimble dan Appmaker. Para peserta menulis jawaban yang bervariasi. Mulai dari tujuan-tujuan yang tak jauh dari Terminal Baranangsiang, sampai dengan tujuan yang jauh-jauh seperti Jazirah Arab (yang terkenal dengan unta dan padang pasirnya), berbagai negara Eropa terutama Perancis, serta tempat-tempat seperti San Francisco, dan Silicon Valley.

Setelah presentasi oleh Kosha Bagus mengenai pengenalan komunitas dan produk-produk Mozilla, yang dibarengi ajakan untuk berkontribusi sebagai volunteer di berbagai project Mozilla, Dian Ina melanjutkan dengan perkenalan tools X-Ray Goggles yang akan membantu peserta memahami cara kerja website di internet.

Acara jadi semakin seru setelah presentasi oleh Eriska Primaya dan Deryan Everestha yang masing-masing memperkenalkan penggunaan Thimble dan Appmaker. Mereka yang belum memiliki dasar coding awalnya mengalami kesulitan. Namun dalam waktu singkat, masing-masing sudah bisa menguasai dan mulai mengirimkan makes-nya untuk dapat diperiksa oleh para fasilitator.

Pada saat melakukan kerja kelompok, masing-masing berusaha menampilkan tujuan liburan yang terbaik dalam presentasi yang mereka lakukan. Salah satu kelompok misalnya, merancang aplikasi yang akan memudahkan orang untuk memilih hotel, tempat wisata dan alat transportasi di 7 negara Eropa. Berbagai makes yang dibuat dalam acara ini bisa dilihat di:

Grup 1
Thimble:  https://sabildelight.makes.org/thimble/LTEzNTI0MDAzODQ=/sabil-de-light
X-Ray Goggle:http://sabildelight.makes.org/goggles/sabildelights-remix-of-sabildelights-remix-of-arta-ulina-arta-ulinas-blog
Appmaker:  https://doubtful-picture-553.webmak.es/app

Grup 2
Thimble: https://yuzronbellamy.makes.org/thimble/LTEzNjkxNzc2MDA=/kelompok-2
X-Ray Goggle: http://yuzronbellamy.makes.org/goggles/pyuzronbellamys-remix-of-affandy-murad
Appmaker: https://level-line-980.webmak.es/app

Grup 3
Thimble: https://brawijayas.makes.org/thimble/MTg4NTYwMjMwNA==/paris
Appmaker: https://elfin-knowledge-244.webmak.es/app

More Pictures : flickr.com