Firefox OS Membuktikan Fleksibilitas Web: Ekosistem yang Makin Luas dengan Lebih Banyak Mitra, Kategori Gawai dan Wilayah di 2015

Orange akan membawa Firefox OS ke 13 pasar baru di Afrika dan Timur Tengah; Mozilla, KDDI, LG U+, Telefónica, dan Verizon berkolaborasi pada kategori baru telepon yang berbasis Firefox OS

Barcelona, Spanyol – Mobile World Congress – 1 Maret, 2015 – Mozilla, organisasi berbasis misi yang didedikasikan untuk menjaga kekuatan web tetap berada di tangan tiap orang, menyambut gembira hadirnya mitra dan gawai baru ke dalam ekosistem Firefox OS di sebuah acara di Barcelona, yang mengawali Mobile World Congress.

Presiden Mozilla Li Gong menyampaikan secara ringkas status Firefox OS, yang saat ini digunakan pada beragam gawai, mulai dari ponsel pintar dengan harga paling terjangkau, sampai 4K Ultra HD TV. “Dua tahun yang lalu, Firefox OS adalah janji. Pada MWC 2014 kami mampu menunjukkan bahwa FirefoxOS dapat menyesuaikan diri dengan harga dan faktor bentuk yang berbeda-beda. Hari ini, pada MWC2015, kami merayakan puluhan peluncuran gawai yang berhasil di berbagai benua, adopsi Firefox OS yang melampaui ponsel, serta minat dan inovasi yang tumbuh pesat di seputar satu-satunya platform terbuka piranti bergerak yang sesungguhnya. Juga, kami dengan bangga menyampaikan bahwa 3 penghasil chip terkemuka berkontribusi dalam ekosistem Firefox OS.”

Rincian Berita Firefox OS MWC 2015:

  • Mozilla, KDDI, LG U+, Telefonica dan Verizon Wireless berkolaborasi untuk menciptakan kategori baru ponsel Firefox OS yang intuitif dan mudah digunakan: Perusahaan-perusahaan ini berkolaborasi untuk berkontribusi pada komunitas Mozilla dan menciptakan serangkaian ponsel baru Firefox OS yang akan diluncurkan pada 2016 dalam beragam faktor bentuk –ponsel flip, slider dan slate– yang menyeimbangkan kesederhanaan ponsel biasa (untuk menelepon dan mengirim pesan) dengan fitur-fitur yang lebih canggih dalam ponsel pintar seperti aplikasi hiburan, konten, navigasi, pemutar musik, kamera, video, LTE, VoLTE, email dan peramban Web. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan membaca blog.mozilla.org
  • Orange mengumumkan akan membawa Firefox 13 merambah 13 pasar sebagai bagian penawaran digital baru: Hari ini, Orange menempatkan Internet bergerak dalam jangkauan jutaan orang lainnya, yang sebelumnya tidak diperhitungkan, dengan peluncuran penawaran digital baru yang mendobrak kawasan Afrika dan Timur Tengah yang selama ini telah digenggamnya. Penawaran Orange Klif digital dimulai kurang dari US$40 (€35), termasuk data, suara, paket teks dan menetapkan tolok ukur baru dalam harga yang akan berperan sebagai katalis utama bagi ponsel pintar dan adopsi data di seluruh wilayah tersebut. Ponsel pintar Firefox OS 3G dibuat eksklusif untuk Orange dan akan tersedia mulai kuartal kedua di 13 wilayah dalam pasar Orange, termasuk diantaranya, Mesir, Senegal, Tunisia, Kamerun, Botswana, Madagaskar, Mali, Pantai Gading, Jordania, Nigeria, Kenya, Mauritus, dan Vanuatu.

ALCATEL ONETOUCH berkolaborasi dengan Orange dan mengumumkan rincian lebih lanjut pada ponsel terbaru hari ini:

  • ALCATEL ONETOUCH memperluas akses internet pada piranti bergerak dengan ponsel Firefox OS terbaru, Orange Klif. Orange Klif menawarkan kecepatan koneksi sampai dengan 21 Mbps, dengan dual SIM, dan dilengkapi kamera dua megapixel dan slot micro-SD. Penambahan  Firefox OS yang telah dioptimalkan ini, pada gilirannya akan memungkinkan pengalaman meramban yang benar-benar mulus, menciptakan paket siap-internet yang kuat.

Orange Klif adalah ponsel Firefox OS pertama bertenaga prosesor MediaTek.

  • Mozilla mengungakapkan detail lebih lanjut mengenai versi mendatang Firefox OS, di antaranya: prosesor multi-core dengan penampilan dan layanan yang disempurnakan, fitur privasi yang ditambah, tambahan layanan untuk WebRTC, dukungan bahasa dari kiri ke kanan dan infrastruktur pembayaran dengan NFC
  • Awal minggu ini, KDDI Corporation mengumumkan investasi di Monohm, sebuah provider berbasis di AS yang membuat inovasi pada perangkat IoT menggunakan Firefox OS. Produk pertama Monohm “Runcible” akan dipamerkan di stand Mozilla pada MWC 2015.

Ekosistem Firefox OS terus berkembang dengan hadirnya mitra baru dan gawai yang terdiri dari rangkaian Panasonic 4K Ultra HD TV hingga ponsel pintar paling terjangkau di dunia:

“Hanya beberapa bulan yang lalu, Cherry Mobile memperkenalkan ACE, ponsel pintar Firefox OS yang pertama di Filipina, yang juga merupakan ponsel pintar dengan harga paling terjangkau di dunia. Kami sangat senang bahwa ACE, yang terus mendapatkan masukan positif di pasar, membantu banyak konsumen berpindah dari ponsel biasa ke ponsel pintar. Melalui kemitraan yang erat dengan Mozilla Firefox OS, kami akan terus mempersembahkan piranti bergerak dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau pada konsumen” ujar Maynard Ngu, CEO Cherry Mobile.

Dengan pengumuman hari ini, Firefox OS akan tersedia dari sejumlah mitra operator terkemuka di lebih dari 40 pasar pada tahun depan dengan total 17 ponsel pintar.

Firefox OS membuka kekuatan Web sebagai platform dan akan berlanjut untuk memperluas ke berbagai pasar dan kategori perangkat sebari kita maju dengan Internet of Things (IOT), menggunakan teknologi Web yang terbuka untuk memungkinkan operator, produsen perangkat keras dan developer untuk menciptakan aplikasi yang bisa disesuaikan dan inovatif dan produk bagi konsumen untuk digunakan di berbagai perangkat yang terhubung ini.

Menciptakan Konten Bergerak, di Perangkat yang Bergerak

Mozilla hari ini mengungkapkan versi beta Webmaker, aplikasi pembuatan konten bergerak yang bebas dan terbuka, yang melepaskan diri dari kerumitan penciptaan Web tradisional. Webmaker akan tersedia untuk Android, Firefox OS dan melalui peramban bergerak modern di perangkat lainnya dalam lebih dari 20 bahasa pada akhir tahun ini. Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi webmaker.org/localweb