Mari Bermain dan Belajar tentang Enkripsi dengan Codemoji

Baru-baru ini, Mozilla meluncurkan sebuah tool atau aplikasi baru untuk mengajak kita bermain sekaligus belajar tentang Enkripsi, yaitu Codemoji. Setelah mencoba, saya harus mengakui ini adalah sebuah aplikasi berbasis web yang sangat menarik. Bahkan akan sangat menyenangkan apabila bisa diperkenalkan ke lingkup pendidikan, terutama sekolah-sekolah. Banyak dari kita yang mungkin selama ini hanya sekedar menggunakan aplikasi tanpa memperdulikan bagaimana aplikasi tersebut bekerja, dan apakah keamanan kita dijaga dengan baik. Sebut saja aplikasi berkirim pesan, misalnya Whatsapp, Blackberry Messenger, WeChat, Line App, dan populer belakangan ini seperti Telegram. Apakah kita sudah memperhatikan keamanan aplikasi-aplikasi tersebut? Apakah pesan yang kita kirim sudah di enkripsi, agar keamanan pesan kita terjaga?

Berikut adalah penjelasan tentang Enkripsi yang kami sadur dari website Wikipedia.

"Di bidang kriptografi, enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Dikarenakan enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi-organisasi tertentu dan individu yang memiliki kepentingan yang sangat mendesak akan kerahasiaan yang menggunakan enkripsi. Di pertengahan tahun 1970-an, enkripsi kuat dimanfaatkan untuk pengamanan oleh sekretariat agen pemerintah Amerika Serikat pada domain publik, dan saat ini enkripsi telah digunakan pada sistem secara luas, seperti Internet e-commerce, jaringan Telepon bergerak dan ATM pada bank."

Jadi enkripsi pada dasarnya sudah sering kita temui pada kehidupan kita sehari-hari, hanya saja seringkali kita tidak menyadarinya. Contohnya adalah ketika kita menggesek kartu ATM atau Kartu Kredit, angka-angka yang dimasukkan adalah angka-angka yang sudah di enkripsi menjadi kode-kode atau sandi.

Jadi lewat Codemoji, Mozilla mengajak kita untuk lebih memahami pentingnya Enkripsi, terutama dalam kehidupan online kita. Untuk mempelajari lebih jauh tentang Enkripsi dan juga berpartisipasi bersama Mozilla, kamu bisa cek website Advokasi Mozilla.


HOW TO PLAY

Bagaimana bermain dengan Codemoji? Sangat Mudah!

1. Buka website Codemoji

2. Tulis pesan kamu pada kolom kiri (merah), lalu pilih emoji di kolom tengah (abu-abu) sebagai kunci yang digunakan untuk membuka enkripsi pesan kamu. Jadi misalnya saya membuat pesan "Mountain View, California" sebagai pesan yang akan saya enkripsi. Kemudian saya memilih emoji "Piala". Nah kemudian "Piala" ini yang akan kita jadikan sebagai hint atau petunjuk. Jadi misalnya pertanyaannya adalah "Dimanakah letak kantor pusat Mozilla?". Lalu saya memberi petunjuk/hint, "Tanda penghargaan untuk sebuah prestasi". Sehingga untuk bisa membuka pesan yang sudah di enkripsi, user harus memilih emoji yang tepat, dengan cara mencari berdasarkan petunjuk/hint dari kita. Apabila user berhasil memilih emoji yang tepat, maka pesan yang di enkripsi akan tampil di kolom kanan (putih).

3. Bagikan link Codemoji kamu ke teman-teman kamu, tantang mereka untuk memecahkan kode kamu!


Begitulah cara menggunakan atau bermain dengan Codemoji. Sangat mudah bukan? Ayo dicoba! :D (YS)