Mozilla Indonesia Meluncurkan Papertoy KUMI Edisi Maker Party

Hari ini, komunitas Mozilla Indonesia dan Hive Indonesia meluncurkan papertoy KUMI edisi Maker Party. Peluncuran mainan kertas edisi khusus berbentuk boneka lucu yang merupakan maskot komunitas Mozilla Indonesia itu dilakukan dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan rangkaian kegiatan Maker Party yang pada tahun ini berlangsung dari 15 Juli hingga 15 September 2014 di seluruh dunia.

kumi maker party

Maker Party adalah kampanye global tahunan oleh Mozilla untuk mengajarkan tentang web (teach the web) dengan cara menyenangkan. Melalui ribuan acara yang diselenggarakan oleh komunitas di seluruh dunia, Maker Party menyatukan para pengajar, organisasi, dan pengguna web yang tertarik dengan praktik pembelajaran dan pengaryaan langsung. “Kami berharap dengan adanya papertoy KUMI edisi Maker Party ini semakin mendorong generasi muda menjadi generasi pembuat (maker), tidak hanya sekadar sebagai konsumen saja. Belajar membuat sesuatu bisa dimulai dari hal sederhana dan menyenangkan. Contohnya, aktivitas merangkai mainan kertas ini, ” kata Viking Karwur, Community Manager Mozilla Indonesia dan Co-founder Hive Indonesia.

Papertoy KUMI edisi Maker Party terdiri dari dua macam. Yaitu, maskot dengan kaus kuning berlogo Maker Party dan kaus biru dengan tulisan Maker Party. Kedua mainan kertas baru itu tersedia di http://party.webmaker.org/resources/. Papertoy KUMI (singkatan dari Komunitas Mozilla Indonesia) sendiri sebenarnya bukan hal asing dalam kegiatan Maker Party. Pada Maker Party – Hive PopUp 2013 di Surabaya, misalnya, kegiatan merangkai mainan kertas tersebut menjadi salah satu aktivitas favorit peserta yang terdiri dari ratusan siswa SMA se-Surabaya.

Maker Party - Hive Surabaya 2013

Begitu juga ketika diundang mengisi Maker Party dalam acara Mozilla Festival 2013 di London, Inggris, lembaran papertoy KUMI edisi tim nasional sepak bola Indonesia bergambar Garuda Pancasila yang dibawa oleh tim Mozilla Indonesia mendapat sambutan meriah dari para pengunjung anak-anak dan juga orang dewasa yang antusias ingin langsung mencoba merangkainya di lokasi acara.

kumi-mozfest-2013

Hingga saat ini, Mozilla Indonesia sudah merilis 10 edisi papertoy KUMI. Semuanya bisa diunduh dari https://wiki.mozilla.org/PaperToy dan dicetak sendiri, untuk kemudian dirangkai menjadi mainan kertas yang lucu.