Sejarah

Komunitas Mozilla Indonesia adalah kumpulan relawan dan kontributor berbagai proyek Mozilla, yang secara giat dan antusias melakukan berbagai hal untuk meluaskan Misi Mozilla ke seluruh Nusantara. Mozilla Indonesia adalah bagian dari komunitas global Mozilla Foundation yang bersifat nirlaba dan bekerja untuk menjaga web tetap bebas dan terbuka.

Silakan bergabung melalui:

 

Sejarah Mozilla Indonesia

Pertemuan pertama Komunitas Mozilla Indonesia diinisiasi oleh Viking Karwur dengan acara bernama MozParty2 (30/11/2004). Pesta peluncuran Firefox 1.0 ini dihadiri oleh 12 orang. Di awal terbentuknya komunitas, kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh para Mozillian di Indonesia adalah kopi darat (kopdar) rutin sesuai versi Firefox terbaru pada saat itu.

MozParty2

MozParty2

Sejak tahun 2010 terjadi peningkatan kegiatan komunitas seiring dengan bertambahnya aktivitas yang diselenggarakan oleh para Mozillian di berbagai kota di Indonesia. Tahun ini juga ditandai dengan kedatangan Mitchell Baker ke Jakarta (27/09/2010). Bersamaan dengan kedatangan Mitchell Baker, Komunitas Mozilla Indonesia meluncurkan maskot pertamanya yang bernama KUMI. Nama KUMI sendiri didapatkan dari hasil kontes pemilihan nama yang diselenggarakan oleh komunitas. Kedatangan Mitchell Baker ini diliput oleh banyak media lokal, salah satunya Metro TV, yang dipandu oleh Timothy Marbun. Baca: https://blog.mozilla.org/gen/2010/10/01/mozilla-indonesia-community-update/

Mozilla Indonesia @ Blitzmegaplex Pacific Place - 2010

Mozilla Indonesia @ Blitzmegaplex Pacific Place - 2010

Mitchell Baker dan Viking Karwur

Mitchell Baker dan Viking Karwur

Peristiwa ini disusul pelaksanaan sejumlah sesi pengenalan proyek-proyek Mozilla dalam acara Pesta Blogger 2010, oleh Dietrich Ayala, William Quiviger dan Gen Kanai.

Mozilla Indonesia @ Pesta Blogger2010

Mozilla Indonesia @ Pesta Blogger2010

Mozilla - Pesta Blogger 2010

Mozilla - Pesta Blogger 2010

Acara berskala besar pertama Komunitas Mozilla Indonesia adalah peluncuran Firefox versi 4.0 untuk Indonesia. Acara yang dilangsungkan di Salihara-Jakarta (30/04/2011) ini dihadiri oleh sekitar 200 undangan dari kalangan pegiat IT dan teknologi Indonesia. Kemudian diikuti sejumlah acara peluncuran Firefox versi 4.0 di kota-kota lain, yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Makassar. Di tahun yang sama, Program Mozilla Representatives (ReMo) terlahir. Pada akhir tahun tersebut, sejumlah veteran Mozillian di Indonesia menjadi bagian dari ReMo.

Firefox 4 Launch - Salihara, Jakarta - 2011

Firefox 4 Launch - Salihara, Jakarta - 2011

Mozilla Reps Indonesia @ MozCamp Asia 2011

Mozilla Reps Indonesia @ MozCamp Asia 2011

Titik penting lainnya adalah penyelenggaraan kegiatan Firefox OS App Days di Jakarta (21/01/2013). Acara ini dihadiri kurang lebih 100 peserta dan mendapat sambutan luar biasa dari para Mozillian di Indonesia serta mendapat pemberitaan di beberapa media nasional terkemuka, baik cetak maupun elektronik.

FirefoxOS App Days - Jakarta, 2013

FirefoxOS App Days - Jakarta, 2013

Pada tahun ini pula, para Reps dan kontributor di Jawa Timur menyelenggarakan MakerParty dan Hive Pop Up di Surabaya (9-10/09/2013) selama dua hari berturut-turut. Acara ini dihadiri pula oleh Mark Surman, Executive Director Mozilla Foundation.

Maker Party Surabaya with Mark Surman - Surabaya, 2013

Maker Party Surabaya with Mark Surman - Surabaya, 2013

Salah satu acara besar yang diselenggarakan Mozilla Indonesia pada tahun 2014 adalah peluncuran Firefox 29 yang diselenggarakan di Blitz Megaplex Bekasi Cyber Park (10/05/2014), dan dihadiri kurang lebih 150 orang.

Peluncuran Firefox 29 - Bekasi, 2014

Peluncuran Firefox 29 - Bekasi, 2014


Struktur Baru dan Masa Depan Mozilla Indonesia

Pada awal tahun 2015 terjadi perubahan struktur kepemimpinan Mozilla Indonesia, terutama bagi para Reps. Setelah sebelumnya struktur disusun secara rigid berdasarkan relasi Mentor dan Mentee, kini Reps Mozilla Indonesia memilih menggunakan sistem kepemimpinan terdistribusi, dan membagi diri menjadi beberapa bagian sesuai dengan keahlian masing-masing. Struktur baru ini, antara lain diilhami oleh semangat Partisipasi Radikal yang juga membawa perubahan besar pada bagaimana komunitas Mozilla global dikelola, dimaksudkan untuk secara efektif meningkatkan partisipasi para relawan sekaligus memberdayakan kontributor.

Struktur baru ini dianggap lebih efisien, mengingat kemampuan dan keahlian tiap-tiap Reps dalam tubuh Mozilla Indonesia berbeda-beda, sehingga memungkinkan terbentuknya tim-tim kecil dengan kemampuan yang lengkap, tanpa bergantung pada satu atau dua orang tertentu. Pengawasan dan evaluasi dijalankan melalui metode peer review. Berikut adalah sejumlah tim yang dibentuk dan mulai bertugas sejak tahun 2015.

Mozilla Reps Indonesia - Reps ID Meetup, Jakarta, 2015

Mozilla Reps Indonesia - Reps ID Meetup, Jakarta, 2015

Tim berdasarkan tugas dan tanggungjawab di dalam Komunitas Mozilla Indonesia

  • Pengembangan Komunitas: Irayani Queencyputri dan Shinta Setiawan

  • Hubungan Kelembagaan (membangun kemitraan dengan sekolah-sekolah / universitas / govts / perusahaan / komunitas FOSS): Andi Darmawan

  • Pendidikan dan Pelatihan: Fauzan Alfi

  • Community Tools: Rizqinofa Putra

  • Komunikasi Massa: Muhammad Fadhil dan Shinta Setiawan

  • Project Assistance: Shinta Setiawan dan Zayed Elfasa

  • Swag lokal, penyimpanan dan distribusi: Dian Ina Mahendra, Yofie Setiawan, Muhammad Fadhil

  • Community Space: Yofie Setiawan dan I Gede Kosha Bagus

  • Perencanaan Peluncuran FirefoxOS: Arief Bayu Purwanto dan Dian Ina Mahendra

  • Anggaran dan Akuntansi: Dian Ina Mahendra

  • Visual Design dan Website Komunitas: Yofie Setiawan

  • Infrastruktur IT: Andi Darmawan, I Gede Kosha Bagus, dan Arief Bayu Purwanto

 

Tim berdasarkan functional lead roles:

  • Developer Relations: Arief Bayu Purwanto, Rizqinova Putra dan Rizky Ariestiyansyah

  • Support Mozilla (SUMO): Andi Darmawan dan Rizki Dwi Kelimutu

  • L10n: Romi Hardiyanto

  • Mozilla QA: Eriska Triana Primayasari

  • Media Sosial: Dian Ina Mahendra, Fauzan Alfi, Shinta Setiawan

  • Firefox Student Ambassador (FSA): Fauzan Alfi dan Rizky Ariestiyansyah

  • FirefoxOS - developer, apps, and marketplace: Arief Bayu Purwanto, Rizky Ariestiyansyah, Rizqinova Putra, Zayed Elfasa

  • FirefoxOS - marketing and business development: Arief Bayu Purwanto, Andi Darmawan, Yofie Setiawan

  • Firefox Desktop dan Mobile: Yofie Setiawan dan Rizky Ariestiyansyah

  • Webmaker: Dian Ina Mahendra dan Eriska Triana Primayasari

 

Saat ini, Mozilla Indonesia memiliki 13 Reps, bisa dilihat di Reps Portal.

Reps and Mozillians - Webmaker Training - Jakarta, 2015

Reps and Mozillians - Webmaker Training - Jakarta, 2015

 

“10 tahun perjalanan komunitas Mozilla Indonesia, sangatlah berkembang dari acara perdana di 2004 — launch party yang dihadiri hanya 12 orang (MozParty2) hingga kegiatan skala besar (skala nasional — MakerParty 2013 Surabaya) sudah dibuat oleh para sukarelawan Mozilla di Indonesia. Saya bangga sudah memulai mengetoktularkan proyek keren ini ke banyak orang di Indonesia.” -Viking Karwur-