Firefox Rocket Terbaru Kini Sudah Dilengkapi Dengan Fitur Multi-Tab

Mozilla akhirnya meluncurkan fitur yang paling ditunggu-tunggu pada Firefox Rocket, yaitu fitur Multi-Tab pada update yang terbaru. Dengan fitur Multi-Tab, kamu bisa dengan mudah membuka dan berpindah-pindah tab!

6 bulan lalu, Mozilla memperkenalkan Firefox Rocket, browser Android yang cepat dan ringan yang dibuat untuk pengguna di Indonesia. Firefox Rocket mendapatkan rating 4.5 pada Play Store dan mendapatkan begitu banyak tanggapan yang positif dari para penggunanya.

Fitur Multi-Tab

Dengan begitu antusiasnya respon dari pengguna di Indonesia, Mozilla melanjutkan dan mendengarkan kebutuhan user dan berusaha meningkatkan pengalaman pengguna (user experience). Fitur Multi-Tab adalah fitur yang paling banyak diminta dari banyak pengguna dan akhirnya sekarang sudah tersedia untuk digunakan. Pengguna Firefox Rocket sekarang bisa membuka banyak tab sekaligus, entah itu situs belanja ataupun situs sosial, dan menjadi multitasking sebagaimana dibutuhkan dan bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan efisien.

 

Fitur Screenshots

Sebagai tambahan dari fitur Multi-Tab, jangan lupa untuk mencoba fitur Screenshot yang sangat berguna. Dengan satu sentuhan saja pada toolbar, pengguna bisa menyimpan keseluruhan halaman untuk membacanya secara offline, dan link nya juga tersimpan secara otomatis, jadi pengguna bisa mengunjungi kembali situs tersebut kapanpun.

 

Fitur Turbo Mode

Dengan Turbo Mode, Firefox Rocket melindungi pengguna dari tracking ads yang bisa memperlambat perangkat mobile dari pengguna. Pengguna tidak hanya bisa berselancar lebih cepat dan dijauhkan dari tracking ads yang terus mengikuti mereka di Web, ini juga berarti menghemat lebih banyak data dan mendapatkan ruang yang lebih banyak di layar pengguna untuk hal-hal yang memang menarik atau dibutuhkan oleh pengguna.

Firefox Rocket v2.0 telah tersedia untuk diunduh sekarang. Dapatkan versi terbaru dari Firefox Rocket di Play Store.

Survey perekrutan untuk uji coba konsep produk baru!

Untuk setiap anda yang profil dan waktunya terseleksi, kami menyediakan honorarium sebesar Rp. 600.000,- MAP Gift Voucher dan Mozilla T-shirt. sebagai ucapan terima kasih kami atas waktu dan masukan anda.

Isi Form : https://goo.gl/forms/2wzZe4P77FQFWT1v1

Asyiknya Browsing Tanpa Notifikasi Pengganggu

Perhatian Anda di dunia maya tidak ternilai harganya. Itulah kenapa semua situs web ingin mendapatkan perhatian Anda dengan terus mengirimi notifikasi konten terbaru mereka. Notifikasi semacam ini terasa mengganggu bahkan menjengkelkan. Versi terbaru Firefox untuk desktop memungkinkan Anda memblokir semua permintaan notifikasi dan permintaan sejenisnya.

Begini caranya

Anda bisa temukan pengaturan untuk memblokir permintaan munculnya notifikasi di Options > Permissions > Notification Settings > Block new requests asking to allow notifications. Untuk pengguna Mac, Preferences > Permissions > Settings > Block new requests untuk mengizinkan munculnya notifikasi.

Anda juga bisa mengubah pengaturan untuk situs atau aplikasi web yang menghendaki izin akses terhadap lokasi, kamera dan mikrofon perangkat Anda.

Pengaturan notifikasi ini akan memblokir semua yang memakai Push protocol standar web. Jika Anda enggan memblokir semua situs web, Anda bisa memberikan pengecualian pada situs yang boleh mengirimkan notifikasi. Jika situs-situs yang Anda itu sudah pernah meminta izin mengirimkan notifikasi, akan ada pemberitahuan di daftar tersendiri.

Beberapa situs masih bisa lolos dari pembatasan ini dan pemblokir notifikasi popup yang memakai teknologi HTML5 terbaru. Tapi seringnya notifikasi popup semacam ini lebih menjengkelkan pengguna internet. Komunitas Mozilla tengah mengerjakan sebuah proyek open-source untuk menemukan pop-up tadi dan memblokir semuanya. Pengembang Ehsan Akhgari sedang membuat sebuah add-on untuk memblokir popup di Firefox. Jika Anda tahu sebuah situs yang memiliki popup yang membandel, beritahukan pada Ehsan Akhgari dan timnya di sini.

Kata Ehsan,“Mozilla tengah mengumpulkan dataset berisi popup in-page yang dibuat dalam HTML. Popup ini semua dibuka pada waktu yang bervariasi, seperti saat memuat laman, menjelajah laman, sedang tidak aktif, berganti laman atau kembali ke sebua tab, dan sebagainya. Kami menghargai bantuan Anda dalam pengumpulan dataset melalui pengumpulan URL laman tempat popup seperti itu bisa ditemukan. Anda bisa menemukan contohnya di tangkapan layar berikut ini. Dataset yang dihasilkan akan tersedia di bawah lisensi Creative Commons BY 4.0 (Creative Commons Attribution 4.0 International).”

Hanya saja, tak semua popup itu buruk. Sebagian situs menggunakan popup untuk memberitahukan informasi penting bagi pengguna mengenai akun mereka. Ehsan dan timnya bekerja keras menemukan cara untuk memilah popup yang positif dari yang negatif.

Untuk mengaktifkan pemblokiran popup permintaan notifikasi, Anda bisa memblokir versi terkini Firefox di sini.

Sumber: blog.mozilla.org

Diterjemahkan oleh Akhlis Purnomo.

#MozKopdarMKS - Berkenalan dengan Firefox

#MozKopdarMKS adalah acara kopdar atau offline meetup para Mozillian di Makassar. Setelah lama tidak dilaksanakan, #MozKopdarMKS kembali diadakan di Makassar.

Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai:

  1. Firefox Quantum yang jauh lebih cepat dari versi browser sebelumnya
  2. Firefox Rocket peramban mobile yang khusus dibuat untuk masyarakat Indonesia dengan ukuran yang sangat ringan dan bisa menghemat paket data
  3. Workshop singkat membuat extensions sederhana pada peramban Firefox

Acara ini akan dipandu oleh Muh. Fachrul Razy, salah satu Mozilla Tech Speaker di Indonesia, dan diadakan pada:

Hari / Tanggal: Kamis / 29 April 2018
Pukul: 19.30 WITA - selesai
Lokasi: Warkop Ogi'e Abdesir, Jl. Abdullah Dg. Sirua, Makassar. (Google Map)
Registrasi : Eventbrite

Perlu kami beritahukan, acara ini terbuka untuk umum, gratis dan tidak berbayar, serta akan disediakan konsumsi ringan untuk para peserta.

Sampai berjumpa!

Via Petisi, Mozilla Desak Facebook Hormati Privasi Pengguna

Baru-baru ini satu skandal yang melibatkan Facebook terbongkar lagi. Informasi milik tak kurang dari 50 juta pengguna layanan jejaring sosial itu ternyata dipakai begitu saja oleh Cambridge Analytica, sebuah perusahaan swasta. Masalahnya informasi pribadi yang diunggah ke Facebook tadi dipakai tanpa meminta persetujuan dan sepengetahuan dari para pengguna. Dan ini bukan hal yang bisa dianggap sepele, terutama jika kita mengaku memiliki perhatian pada gerakan untuk mewujudkan internet yang terbuka, sehat dan setara.

Selengkapnya

Dimo dengan Armor Firefox Quantum

Apakah kamu masih ingat maskot lucu dari Komunitas Mozilla Indonesia, Dimo? Merayakan peluncuran Firefox Quantum, kami bekerja sama dengan Petshopbox Studio, sebuah design agency di Bandung, Indonesia. Kami meluncurkan ilustrasi Dimo baru yang mengenakan armor Firefox Quantum. Dimo adalah maskot Komunitas Mozilla Indonesia, dibuat oleh Petshopbox Studio pada tahun 2016. Kita juga ada
Telegram Sticker Pack of Dimo Mascot yang bisa kamu download dengan GRATIS. Karena kita sudah ada ilustrasi Dimo yang baru ini, kita sudah menambahkannya di sticker pack Dimo. Terbanglah Dimo dan selamatkan Web! :D

Download Dimo Firefox Quantum Wallpaper

Selengkapnya

Firefox Quantum Wallpaper Collection

Sean Martell, the Communication Design Lead of Mozilla, just shared a pack of Firefox Quantum Wallpaper Theme Collection, from his tweet. Grab it fast! :D

Selengkapnya

Memperkenalkan Firefox Terbaru: Firefox Quantum

Cepat. Sangat cepat. Firefox Quantum dua kali lebih cepat dari pada Firefox 6 bulan lalu, dibangun dengan mesin utama yang dibangun ulang dengan teknologi baru yang diambil dari penelitian grup yang mendalam dan dilengkapi dengan tampilan baru yang lebih cantik yang dirancang untuk memudahkan Anda melakukan apa yang biasa Anda lakukan: menjelajah banyak laman, membuka banyak tab, tanpa merasa bersalah karena Firefox Quantum menggunakan lebih sedikit memori dari pada kompetitor lainnya. Komputer Anda akan berterima kasih untuk itu.

Selengkapnya di blog.mozilla.org

Firefox Quantum dan Firefox Rocket Tiba di Indonesia

Jakarta, Indonesia, 7 November 2017 - Mozilla, pelopor dan penyokong untuk Open Web, dengan gembira memperkenalkan Firefox Quantum, browser baru yang menggunakan mesin Web generasi berikutnya dari Mozilla, dan Firefox Rocket, browser Android yang cepat dan ringan diciptakan khusus untuk Indonesia. Bersiaplah untuk mendapat pengalaman dari kedua browser Firefox yang telah dimodernisasi dan disesuaikan ini dan rasakan perubahan besar bersama kami.

Nikmati Performa Browsing yang Lebih Baik dengan Firefox Quantum

Oktober lalu, Mozilla mengumumkan 'Project Quantum' untuk membangun mesin web generasi berikutnya. Setelah lebih dari satu tahun pengembangan dan memperbaiki hampir 500 bug yang mempengaruhi kinerja, kami melakukan beberapa perbaikan besar pada Firefox dan menjadikannya lebih baik dari sebelumnya. Misalnya, "Quantum Compositor" telah mengurangi crash browser sekitar 10% dan fitur pengubah permainan seperti WebAssembly dan WebVR memungkinkan untuk mendapatkan kinerja super cepat dan hampir seperti aslinya untuk aplikasi web di desktop dan headset VR.

Beberapa minggu yang lalu kami mengumumkan versi Beta untuk Firefox Quantum. Dibandingkan dengan Firefox enam bulan yang lalu, Firefox Quantum 2X lebih cepat berdasarkan benchmark Speedometer 2.0. Firefox baru juga menyeimbangkan penggunaan memori dengan 30% lebih sedikit daripada Chrome.

Selain peningkatan masif pada kinerja secara keseluruhan, kami juga berfokus untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan 'Tracking Protection' dalam mode browsing private, kami mencapai 67.5 % penurunan dalam jumlah cookie set HTTP selama crawl 200 top situs berita Alexa. Karena Firefox tidak mendownload dan membuat konten dari pelacakan domain, 'Tracking Protection/Perlindungan Pelacakan' juga memiliki kinerja pengurangan median 44% pada waktu buka halaman dan pengurangan 39% penggunaan data di situs yang sama. Selain itu, sejumlah komponen Quantum ditulis dalam bahasa Rust, sebuah bahasa yang dirancang khusus untuk memastikan perlindungan terhadap beberapa jenis kerentanan keamanan besar.

Untuk mencerminkan keseluruhan peningkatan, Mozilla juga telah menyegarkan dan mendesain ulang antarmuka pengguna Firefox melalui proyek Photon kami untuk menyediakan alur desain yang cepat, lancar dan lebih cerdas. Desain minimalis yang baru memperkenalkan tab persegi, animasi halus, dan Library/Perpustakaan, yang menyediakan akses cepat ke item tersimpan milik Anda: bookmark, Pocket List, history, downloads, tabs, dan screenshot.

Firefox Rocket Khusus untuk Pengguna Indonesia

Penggunaan internet berkembang lebih cepat di Asia Tenggara dibandingkan wilayah lain di dunia dan Indonesia adalah negara ke-5 terbesar di dunia untuk jumlah pengguna Internet*1. Selain itu, Indonesia adalah negara mobile first yang hampir 70% populasinya mengakses Internet menggunakan perangkat mobile, dibandingkan 28% untuk penggunaan laptop dan desktop*2. Hal ini membuat Indonesia menjadi pasar Internet yang penting di dunia.

Dari riset pengguna internal yang dilakukan oleh Mozilla, kami menemukan sekitar 40% pengguna muda Indonesia tidak puas dengan browser mobile default mereka karena kecepatannya yang lambat. Mengingat hal ini, Mozilla mengembangkan Firefox Rocket, browser Android cepat dan ringan yang disesuaikan untuk pengguna Indonesia.

Dengan browser cepat dan ringan, pengguna bisa menghemat data dan penyimpanan pada ponsel. Selain itu, Anda bisa mengambil, berbagi konten dan browsing dengan cepat, bahkan dengan koneksi yang lambat. Ukuran APK Firefox Rocket lebih kecil dari 2.39MB, terkecil di antara browser utama. Ini akan memberi Anda waktu download aplikasi tercepat. Anda tidak hanya bisa mendownload Firefox Rocket dengan sangat cepat, Firefox Rocket juga memungkinkan Anda untuk meluncurkan aplikasi hanya dalam waktu sekitar 1 detik, kecepatan peluncuran aplikasi tercepat dibandingkan pemain utama lainnya.

Beberapa fitur utama Firefox Rocket antara lain Turbo Mode, Screenshot, Clear Cache, Storage Control, dan Block Images. Pengguna bisa melakukan browsing lebih cepat dengan Turbo Mode yang memblokir iklan untuk menyimpan data. Jika Anda ingin lebih hemat lagi, Anda dapat dengan mudah memblok loading gambar (Block Images) dan menggunakan fitur Screenshot untuk mengakses konten secara offline. Dengan Storage Control, Anda dapat menyimpan unduhan ke SD card dan mengosongkan penyimpanan ponsel dengan mudah dan menggunakan fitur Clear Cache untuk lebih banyak mengosongkan penyimpanan ponsel. Anda dapat  mengakses konten lebih cepat.

Firefox Rocket kini tersedia sekarang (hanya di Indonesia) dengan Firefox Quantum yang dirilis pada 14 November. Mozilla dengan senang hati mengundang Anda untuk menikmati perubahan besar yang telah kami buat dan mendapatkan pengalaman browsing internet yang tidak pernah ada sebelumnya.

*1  Sumber: https://www.internetworldstats.com/top20.htm
*2  Sumber: We Are Social Report, Jan, 2017.

Selengkapnya

Memperkenalkan Peramban Android Baru Yang Supercepat Untuk Indonesia

Firefox Rocket telah siap untuk saku Anda
Lebih cepat. Lebih ringan. Siap meluncur!

Halo Indonesia. Kami pikir berselancar di web seharusnya menjadi sesuatu yang selalu menyenangkan. Cepat. Asyik. Mudah. Terutama di ponsel Anda. Itulah mengapa kami membuat Firefox Rocket. Kami mencermati semua masalah yang Anda hadapi di ponsel. Dan kami berkata kepada diri kami sendiri: kami bisa perbaiki semuanyaaaaa.

Inilah caranya:

Ringan dan Secepat Kilat
Ukuran berkas kurang dari 3MB ditambah Mode Turbo otomatis yang berarti penjelajahan supercepat.

Menghemat Data
Memblokir gambar yang menghabiskan kuota data – dan uang Anda.

Memblokir Iklan Secara Otomatis
Ucapkan selamat tinggal kepada iklan-iklan menjengkelkan yang selalu mengikuti Anda sepanjang berselancar di Web.

Tangkapan Layar Seluruh Laman
Dalam dua ketukan, seluruh layar sudah tersimpan untuk dapat dibaca secara luring.

Tembolok di Kartu SD Anda
Hematlah ruang di ponsel Anda dengan membuat tembolok dan unduhan disimpan langsung di kartu SD.

Siap meluncur dengan peramban Android baru? Cobalah Rocket sekarang.

UNDUR FIREFOX ROCKET

Awali perjalanan bisnis startup kamu, di sini

Membangun sebuah startup tidaklah mudah. Ada banyak langkah yang harus dilalui. Kadang, kamu dihujani dengan banyak pertanyaan dan keraguan perihal keputusan yang harus diambil, tindakan yang harus dilakukan atau kapan memulainya.

Selengkapnya

Mozilla Indonesia User Testing Recruitment Survey

Mozilla akan mengadakan survei kembali. Oleh karena itu, kami membutuhkan bantuan anda untuk mendaftarkan diri pada pemilihan kandidat yang bisa membantu kami dalam survei.

Tanggal : 14-17 November 2017
Lokasi : Mozilla Community Space Jakarta
Usia : 18-25 tahun

Untuk 8 orang terpilih akan mendapatkan hadiah Voucher MAP Rp 600.000 dan T-Shirt Mozilla!

DAFTAR SURVEI SEKARANG!

Halaman 1 dari 6