Halo Dimo!

Akhirnya Komunitas Mozilla Indonesia meluncurkan maskot baru bernama Dimo. Proses pembuatan maskot ini sebetulnya sudah berjalan sejak lama, lewat bantuan tim dari Petshopbox Studio. Maskot baru bernama Dimo ini di desain dengan citra karakter yang lucu dan menggemaskan. Pemilihan nama Dimo juga melalui proses yang panjang, yaitu dengan proses pemilihan terbuka. Awalnya komunitas memberikan kesempatan untuk semua teman-teman memberikan usulan nama. Lalu kemudian dipilih 3 nama terbaik, yang kemudian dilakukan voting terbuka. Dan akhirnya, nama Dimo yang adalah usulan dari Rizky Luthfianto, yang terpilih sebagai nama maskot baru kita. Menurut Rizky, nama Dimo merupakan kependekan dari Dinosaurus Mozilla. Dan menurut penuturan Rizky, konon katanya Dimo masih bersaudara dengan Si Komo.

Lewat acara #MozKopdarJKT yang diadakan pada Kamis, 25 Februari 2016 di Jakarta Digital Valley, dengan tema "Say Hello to Dimo!", Komunitas Mozilla Indonesia mengundang teman-teman Mozillians untuk hadir merayakan bersama hari kelahiran Dimo. Acara ini juga disiarkan secara online oleh tim Siaranku.

Acara dibuka oleh Ina yang menjelaskan konten dari acara pada hari itu. Lalu dimulai dengan presentasi dari tuan rumah, Pak Gorga Sinaga dari Telkom Indonesia, yang membagikan tentang salah satu program andalan yaitu Indigo Accelerator. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari Rara yang memperkenalkan secara singkat Komunitas Mozilla Indonesia. Lalu ada sharing dari Rizki Kelimutu terkait Campus Campaign. Dan Deryan membagikan informasi tentang Connected Device. Kemudian Rizky Ariestiyansyah memperkenalkan program Mozilla Tech Speaker.

Dan tibalah diacara puncak yaitu pemotongan pita yang menandakan kelahiran maskot baru komunitas, Dimo, lewat perwakilan Yofie Setiawan selaku Mozilla Rep, dan Kuswanto perwakilan Petshopbox Studio. Tidak lupa pada prosesi ini, kami melakukan video call dengan Rizky Luthfianto yang berada di Yogyakarta, sebagai sosok yang memberikan nama pada maskot baru kita. Video call dilakukan menggunakan Firefox Hello yang adalah salah satu fitur baru dari browser Mozilla Firefox. Petshopbox Studio juga membuat Telegram Sticker Pack untuk Dimo.

Lalu dilanjutkan dengan sharing dari Kuswanto yang membagikan tips tentang mendesain karakter dan proses pembuatan maskot baru, Dimo. Lalu Gary Lilardi memperkenalkan Tees Indonesia, yang merupakan wadah untuk para desainer grafis. Dan kemudian acara ditutup kembali oleh Ina selaku Mozilla Rep.

Bersama Dimo, Komunitas Mozilla Indonesia berharap bisa lebih dekat dengan teman-teman Mozillian di seluruh Indonesia.