Liputan Mozlando 2018, Mozilla All Hands

Pada 3-8 Desember 2018 yang lalu, Mozilla mengadakan pertemuan All Hands di Orlando, Florida, Amerika Serikat mempertemukan ratusan karyawan Mozilla Corporation (MoCo), Mozilla Foundation (MoFo) dan para sukarelawan dari seluruh belahan dunia. Kali ini, ada empat orang mendapat kesempatan untuk hadir mewakili Indonesia: Yofie Setiawan, Rizki Kelimuttu, Dian Ina dan Fauzan Alfi. Sebagai informasi, Mozilla Reps Council di mana Yofie berperan saat ini merupakan salah satu bagian penting dari Mozilla Leadership yang turut menjembatani antara Mozilla dengan para sukarelawan yang tersebar di berbagai komunitas lokasi di seluruh dunia.

Pada AllHands kali ini, tim dari Indonesia berfokus pada topik-topik spesifik seperti kontribusi dalam pelokalan lewat L10n dan juga Support Mozilla yang biasa disebut SuMo. Sementara itu, Yofie sebagai salah satu Reps Council yang baru terpilih berfokus pada pertemuan inti seputar program dari Mozilla Reps, termasuk rencana program Mozilla Reps ke depan untuk dapat memberikan dampak yang lebih baik dan bisa berintegrasi dengan proyek-proyek dari Mozilla lainnya. Pada bagian Support Mozilla (SuMo) yang diwakili oleh Fauzan, bahasan pertemuan yang dilaksanakan lebih menekankan kepada bagaimana menyokong komunitas sukarelawan yang membantu penerjemahan dan pembuatan artikel Support untuk berbagai proyek dari Mozilla, termasuk juga strategi penyampaian dan tanggapan di media sosial sebagai salah satu luaran tim SuMo.

Secara umum, Mozilla sendiri pun membagikan target dan arah mereka pada tahun 2019 dan juga mengevaluasi berbagai hal yang sudah dilaksanakan selama tahun 2018. Mozilla terus berupaya agar bisa tetap relevan dan mengambil posisi yang penting dalam dunia internet ataentunya agar bisa terus menjadi bagian penting yang ikut menjaga kepentingan user dalam dunia internet atau online.

Pertemuan All Hands kali ini yang berlangsung beberapa hari ini tidak terasa melelahkan karena berbagai sisipan rekreasi juga seperti kunjungan ke Kennedy Space Center di Florida, dan juga The Wizarding World of Harry Potter, di Universal Orlando Resort, Florida.

Momen All Hands akhir tahun 2018 ini menjadi terasa spesial karena kami semua dapat berkumpul bersama dengan berbagai volunteer yang juga aktif dari berbagai belahan dunia lainnya, berinteraksi dengan rekan-rekan karyawan Mozilla lainnya untuk bisa mengenal mereka lagi serta berkolaborasi dengan lebih baik di masa yang akan datang.