Banner

ava mozillians

ava reps

Mozilla Umumkan Rebranding Firefox Lite dan Hadirkan Firefox ScreenshotGo Beta Untuk Pengguna di Indonesia

Mozilla, perusahaan nirlaba dan pemimpin teknologi internet global, telah meluncurkan Firefox Rocket November lalu di Jakarta. Peramban yang dirancang secara spesifik untuk melayani pengguna smartphone di Indonesia, sudah semakin dikenal dalam hal kecepatan, ukuran aplikasi yang kecil dan kemampuannya untuk memberikan pengalaman penjelajahan yang hemat data. Untuk merayakan ulang tahun pertamanya, pada hari ini (1/11) dalam sebuah acara konferensi pers di Atico by Javanegra yang dihadiri media cetak, elektronik, blogger, vlogger dan social media influencer, Mozilla mengumumkan bahwa Firefox Rocket resmi berubah nama menjadi Firefox Lite. Selain itu, Mozilla juga akan menjalin kerja sama dengan ExpressVPN untuk menyediakan pengalaman browsing yang lebih aman bagi para pengguna di Asia.

“Dengan lebih dari 130 juta pengguna smartphone, Indonesia tentunya merupakan salah satu pasar penting untuk mewujudkan misi Mozilla,” kata Joe Cheng, Head of Product Mozilla Asia. “Kami sudah melakukan beberapa penelitian untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan dari pengguna smartphone di Indonesia, dan kami juga merancang Firefox Lite berdasarkan hasil penelitian tersebut. Tentunya kami semua di Mozilla sangat gembira untuk bisa menyaksikan bagaimana browser ini mendapatkan sambutan dan reaksi yang sangat positif dari para pengguna selama setahun terakhir.”

Berdasarkan data internal Mozilla, Firefox Lite telah menghemat lebih dari 4,000 jam (kurang lebih 166 hari/5 bulan) waktu pengguna sejak Firefox Lite diluncurkan. Mozilla juga memberikan estimasi bahwa mode Turbo dari Firefox Lite, yang dapat digunakan untuk memblokir konten pihak ketiga seperti iklan di halaman web, telah menghemat lebih dari 25,000 jam (lebih dari tiga tahun) waktu pengguna selama satu tahun terakhir. Tidak heran jika Firefox Lite adalah salah satu browser dengan nilai rating tertinggi (4.6 bintang) di Google Play Store, bahkan lebih tinggi dari browser lain yang cukup populer di Indonesia. Untuk meraih lebih banyak pengguna di Indonesia, Firefox Lite juga telah tersedia dalam bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan bahasa Sunda.

Ukuran dari Firefox Lite kurang dari 3,5MB, atau hanya 10% dari ukuran sebagian besar browser yang ada di pasaran. Karena ukuran aplikasi yang ringan, pengguna dapat terus menggunakan update terbaru dari Firefox Lite tanpa harus khawatir akan penggunaan data yang besar. Hal ini juga sangat penting untuk pasar seperti Indonesia, mengingat hampir setengah (46%) dari pengguna internet seluler di negara ini tidak menggunakan layanan broadband (3G/4G) seperti yang tertera di laporan We Are Social versi tahun ini.

Untuk mempermudah semakin banyak pengguna smartphone menjelajahi dunia web, Mozilla terus melakukan investasi untuk memperkuat lini produk sekaligus membangun kemitraan strategis di Asia. Hari ini, Mozilla juga mengumumkan kerjasama dengan ExpressVPN di wilayah Asia. “Kami bangga dapat melihat pesatnya tingkat pengadopsian Firefox Lite dan juga untuk bisa memberikan pengalaman browsing aman menggunakan ExpressVPN. Kami melihat VPN sebagai alat penting untuk mewujudkan keamanan dan privasi berinternet. Melalui kemitraan ini, kami dapat mewujudkan pengalaman penggunaan smartphone yang lebih baik lagi,” ujar Charles P.C Chen, Head of Business Development, Mozilla Asia.

Mozilla bertujuan untuk membentuk internet sebagai sumber daya masyarakat dunia, dan juga terbuka dan aman untuk masyarakat Indonesia. Kini, para pengguna di Indonesia dapat menikmati masa uji coba di ExpressVPN secara eksklusif selama tujuh hari dengan gratis di smartphone Android mereka.

 

Firefox ScreenshotGO beta

Pada kesempatan yang sama, Mozilla juga memperkenalkan aplikasi baru yang diluncurkan khusus untuk pengguna Android Indonesia, yaitu Firefox ScreenshotGo beta. Apikasi ini bertujuan untuk membantu pengguna dalam mendokumentasikan informasi dari berbagai aplikasi lain. Dengan mengedepankan efisiensi dan kemudahan penggunaan, aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengambil, mengatur dan mencari screenshots dalam hitungan detik. ScreenshotGO juga dilengkapi dengan fitur Text Recognition yang bisa membantu pengguna untuk menyalin tulisan dari screenshot saat diperlukan.

“Banyak pengguna internet Indonesia mengambil screenshot dari artikel dan berbagai informasi menarik lainnya dari media sosial melalui browser mereka. Kami memahami bahwa pengguna juga menghabiskan banyak waktu di dalam berbagai aplikasi. Dengan Firefox ScreenshotGo, kami ingin membantu pengguna untuk mengambil, mengatur dan menemukan screenshot yang telah diambil dari berbagai aplikasi. Fitur yang paling menyenangkan adalah Text Recognition yang memungkinkan pengguna menemukan kembali konten relevan pada web dengan cepat,” tambah Cheng

 

Unduh Sekarang

Firefox Lite: https://mzl.la/2 elSEd

Firefox ScreenshotGo beta: https://mzl.la/2zbs6Ab

 

Tentang Mozilla

Mozilla adalah pelopor dan pendukung Open Web selama lebih dari 15 tahun. Kami menciptakan dan mempromosikan standar terbuka yang memungkinkan inovasi dan memajukan Web sebagai platform untuk semua orang. Hari ini, ratusan juta orang menggunakan Mozilla Firefox untuk menjelajahi Web di komputer, tablet, dan perangkat seluler. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.mozilla.org.

Selengkapnya

Happy Birthday Firefox Rocket & Meet Firefox ScreenshotGo!

Mari merayakan 1 tahun Firefox Rocket dan bertemu dengan Firefox ScreenshotGO bersama Mozilla Indonesia!

Setahun yang lalu, di bulan November, Mozilla mengeluarkan proyek yang dirancang khusus untuk Indonesia, yaitu Firefox Rocket. Seiring dengan berjalannya waktu dan bantuan dari teman-teman kontributor di Indonesia, Firefox Rocket berhasil melalui tahun pertamanya dengan sukses dan terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Bersamaan dengan 1 tahunnya Firefox Rocket, Mozilla tahun ini juga memperkenalkan proyek baru yang dinamakan Firefox ScreenshotGO. Seperti apakah proyek baru ini? Tim Mozilla dari kantor Mozilla di Taipei akan langsung menjabarkannya kepada kalian yang datang ke event ini.

Catatan: bahasa pengantar yang akan dibawakan di acara ini adalah Bahasa Inggris tanpa penerjemah.

MozKopdarJKT ini akan diadakan pada:

Hari / Tanggal: Kamis / 1 November 2018
Pukul: 18.00 WIB - selesai (diawali dengan makan malam bersama)
Tempat: Mozilla Community Space Jakarta, Gedung TIFA - ANNEX Suite Jl. Kuningan Barat I no.26 Jakarta Selatan
Google Map: https://goo.gl/maps/mjZZGmxdQzC2

Sampai berjumpa!

Firefox terbaru diluncurkan dengan Enhanced Tracking Protection

Di Firefox, kami selalu berusaha untuk membuat fitur yang sejalan dengan misi Mozilla untuk memberikan kontrol akan data dan privasi pengguna ketika berinteraksi secara daring. Baru-baru ini kami mengumumkan pendekatan Anti-pelacakan dimana kami membicarakan tentang 3 fitur kunci yang kami fokuskan untuk membantu pengguna merasa aman ketika mereka berseluncur di web. Dengan rilis hari ini, kami membuat kemajuan untuk "menghapus pelacakan antar-situs" dengan apa yang kami sebut Enhanced Tracking Protection. Untuk menyeimbangkan preferensi baru ini dengan pengalaman yang pengguna ingin dan harapkan, kami meluncurkan fitur ini tanpa menjadikannya preferensi baku dan memulai dengan kuki pihak-ketiga. Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang pendekatan kami di sini.

Selengkapnya

Rust Meetup, #MozKopdar November 2018

Rust menjadi bahasa yang paling disukai developer, berdasarkan survey dari StackOverflow yang dilakukan di tahun 2017 & 2018. Meskipun  begitu, belum banyak yang tahu tentang bahasa pemrograman low level yang difukung oleh Mozilla ini khususnya di Indonesia. MozKopdar kali ini, kami akan membahas bahasa pemrograman satu ini bersama seorang Mozila Reps dari India, Md Shahbaz Alam.

Tanggal : 02 November 2018
Pukul : 19.00 - 21.00 WIB
Lokasi : Mozilla Community Space Jakarta

Link registrasi : http://bit.ly/rustmeetup1118

WoMozBelajar, Membuat CRUD dengan PHP Native

Setelah lama belum ada kelas lagi khusus untuk perempuan, WomozBelajar kembali hadir lagi di Mozilla Community Space Jakarta. #WomozBelajar adalah salah satu program Mozilla Indonesia yang bersifat lokakarya dan pembelajaran yang dikhususkan untuk perempuan. WomozBelajar kali ini akan membahas tentang membuat CRUD dengan menggunakan PHP Native, bersama Anis F, seorang PHP Programmer. WoMoz adalah kependekan dari Women in Mozilla, yang merupakan kumpulan perempuan-perempuan yang ikut berkontribusi ke Mozilla.

Persyaratan peserta:

  • Peserta diharapkan membawa laptop masing-masing karena acara ini berupa workshop, jangan lupa juga untuk membawa charger laptopnya
  • Membawa modem masing-masing (untuk berjaga-jaga bila wifi melambat atau tidak bisa diakses karena penuh)
  • Laptop sudah diinstall browser, text editor (Notepad++, Atom, Sublime, dll)
  • Webserver (XAMPP, WAM, dll)

Sabtu, 6 Oktober 2018
14.00 - 17.00 WIB
#MozSpaceJKT

Acara ini dikhususkan untuk perempuan.

Registrasi: eventbrite.com

Sssttt, ada tiket #TIAJKT2018 harga spesial untuk anggota Mozilla Indonesia

Masih ingat kemeriahan Tech in Asia Jakarta 2017? Atau, kamu belum sempat hadir di konferensi teknologi dan startup ini tahun lalu? Jangan khawatir, karena tahun ini Tech in Asia Jakarta 2018 (#TIAJKT2018) hadir kembali dengan tidak kalah meriah dan penuh insight. Sedikit bocoran untuk kamu; tahun ini, kamu bisa mengakses 20+ tracks di #TIAJKT2018 hanya dengan satu tiket! Apa saja yang bisa kamu dapatkan di konferensi teknologi dan startup paling bergengsi di Indonesia ini?

Networking
Di #TIAJKT2018, kamu bisa melakukan networking bersama lebih dari 5.000 pegiat teknologi dan startup, loh! Siapa tahu, beberapa pemilik kartu nama yang kamu kumpulkan selama networking, kelak akan menjadi partner bisnis kamu?

Startup Factory
Bila kamu datang ke Tech in Asia 2017, kamu mungkin mengenal segmen ini dengan nama Bootstrap Alley. Tahun ini, di segmen pameran startup berubah nama menjadi Startup Factory. Di sini, ratusan startup bisa meningkatkan eksposur di hadapan ribuan pengunjung, calon pengguna, media, bahkan investor.

Speed Dating
Di segmen ini, startup dapat melakukan pitching kepada puluhan investor yang telah kami undang. Kami akan melakukan kurasi terhadap para startup yang ingin melakukan pitching, sesuai dengan preferensi investor.

Arena
Tech in Asia akan memilih startup terbaik yang akan beradu di Main Stage. Kamu bisa ikut menyaksikan serunya para startup terbaik mempresentasikan ide inovatif mereka di hadapan para juri untuk memperebutkan title bergengsi, lo!

Roundtables
Pernah menyimpan banyak pertanyaan setelah mengikuti sesi di konferensi teknologi? Di segmen Roundtables, kamu bisa berdiskusi mengenai startup dan teknologi bersama peserta yang jumlahnya terbatas, sehingga diskusimu pun lebih fokus.

Akses Video
Tahun ini, #TIAJKT2018 menyediakan akses video bagi kamu yang ingin menambah relasi sebanyak-banyaknya tanpa melewatkan bahasan segar di Content Stage.

 

Sebagai official community partner Tech in Asia Jakarta 2018, Mozilla Indonesia mengajakmu untuk turut hadir di Jakarta Convention Center, 23-24 Oktober 2018.

Sssstt, khusus untuk kamu, ada diskon tambahan sebesar 5% dari diskon yang sedang berjalan sekarang untuk pembelian semua tipe tiket! Jangan lupa, masukkan kode promo jkt18mozilla saat registrasi pemesanan tiket. Pesan tiketmu sekarang juga, ya!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera pesan tiketmu di sini. Sampai jumpa di #TIAJKT2018! :)

Upgrading Life Through Communication

Komunikasi bisa menjadi kekuatan maupun kelemahan kita tergantung bagaimana kita mengelolanya. Beberapa hal Berikut akan dikupas tuntas pada Sharing Session: "Upgrading Life Through Communication". Fernando Conan, seorang Konsultan Karakter dari Power Character akan memberikan sharing session tentang bagaimana kita mengelola komunikasi yang efektif melalui pengenalan akan tipe karakter kita dan orang lain.

  • Konsep Effective Communication
  • Teori Komunikasi (Verbal Non Verbal)
  • 5 Konflik Komunikasi
  • Communication through Character

Kamis, 4 Oktober 2018
19.00 - 21.00 WIB
#MozSpaceJKT

Registrasi: http://bit.ly/2xVvq1n

MozBelajar: Project of Things by Mozilla

Tahun lalu, kami mengatakan bahwa Mozilla sedang bekerja untuk membuat kerangka perangkat lunak dan layanan yang dapat menjembatani kesenjangan komunikasi antara perangkat yang terhubung. Kami memulai "Project Things", dengan tujuan membangun 'Internet of Things' terdesentralisasi yang berfokus pada keamanan, privasi, dan interoperabilitas. Sejak pengumuman kami tahun lalu, kami terus terlibat dalam pengembangan yang terbuka dan kolaboratif dengan komunitas pembuat, penguji, kontributor, dan pengguna akhir, untuk membangun fondasi untuk masa depan ini. Apa dan bagaimana "Project Things by Mozilla" itu? Rizky Ariestiyansyah, salah satu Mozilla Tech Speaker di Indonesia, akan berbagi tentang Project Things by Mozilla ini kepada para peserta.

MozBelajar adalah salah satu program Mozilla Indonesia yang bersifat lokakarya dan pembelajaran. Acara ini berupa talk dan sharing session, maka peserta tidak perlu membawa laptop masing-masing.

Acara ini akan diadakan pada:
Hari / Tanggal: Kamis / 27 September 2018
Pukul: 19.00 - 21.00 WIB
Tempat: Mozilla Community Space Jakarta, Gedung TIFA - ANNEX Suite Jl. Kuningan Barat I no.26 Jakarta Selatan

Perlu kami beritahukan, acara ini gratis dan tidak berbayar, dan kami tidak akan menyediakan makan malam, namun tersedia berbagai minuman dan snack/kue yang dapat dikonsumsi secara gratis oleh peserta secara free flow.

Registrasi: eventbrite.com

Halaman 1 dari 13