MozKampus, Universitas Telkom Bandung

Jakarta, 13 Desember 2019 - Setelah perilisan Firefox Lite 2.0 pada bulan lalu, tepatnya pada 27 November 2019 yang bertempat di Ritz Carlton - Jakarta, acara perayaan pun dilakukan di Mozilla Community Space Jakarta pada sore harinya. Acara ini terbuka untuk umum dan juga merupakan acara pendukung yang diinisiasi oleh Mozilla Indonesia dalam mengenalkan fitur-fitur terbaru di Firefox Lite versi 2.0 dan peramban Firefox (versi web).

Selain para sukarelawan dan teman-teman komunitas Mozilla Indonesia, acara ini juga dihadiri oleh beberapa tim dari Mozilla Taiwan diantaranya Stan Leong (Vice President & General Manager Emerging Markets), Cindy Hsiang (Staff Product Manager - Firefox Browser), Joe Cheng (Product Manager - Emerging Markets), Amy Huang (Research Team), Peyton Sun (Marketing), Carol Hsu (Marketing), Erin Chang (Marketing), Vance Chen (Engineering Team).  Stan, Joe dan Cindy membawakan kembali materi yang dipresentasikan di acara Press Conference perilisan Firefox Lite yang memperkenalkan fitur andalan yaitu pengalaman berbelanja terbaru di mana pengguna dapat melakukan perbandingan harga barang yang ingin dibeli hanya dengan melakukan pencarian di Firefox Lite. Selain itu Firefox Lite versi 2.0 ini juga menyematkan fitur Konten & Layanan terbaru yang terdiri dari Belanja (berisi kupon dan penawaran terbaik dari beberapa e-commerce) Game dan Berita. Peramban Firefox memperkuat performanya dengan mengimplementasikan Perlindungan Pelacakan yang Ditingkatkan atau ETP (Enhanced Tracking Protection) dengan Perlindungan Pelacakan Sosial (Social Tracking Protection) yang mana intensi utamanya masih akan dan terus sama yaitu menyediakan opsi perlindungan privasi yang lebih baik untuk penggunanya. Kemudian Firefox 70 juga mengintegrasikan peringatan untuk penyalahgunaan data kita melalui akun Firefox dan membantu kita dalam membuat kata sandi kompleks untuk akun daring dengan fitur Complex Password Generation.

Rangkaian acara pendukung juga dilakukan di luar Jakarta tepatnya di Telkom University, Bandung. Mozilla Indonesia bekerja sama dengan himpunan kampus, TOSCA (Telecomunication Science Association) melakukan acara bertemakan “Web VR & What’s New in Firefox Lite”. Acara ini dibawakan oleh tiga rekan volunteers yaitu Hanif Faiq, Iffan Majid dan Lidya Christina. Acara ini dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh ketua himpunan TOSCA Agus Mulyana, dilanjutkan perkenalan tentang Mozilla Indonesia yang dibawakan oleh Hanif dengan penuh keakraban karena kebetulan Hanif tidak hanya merupakan bagian dari Mozilla Indonesia (sebagai Mozillian, bagian dari tim sosial media Komunitas Mozilla Indonesia dan keyholder di Mozilla Community Space Jakarta) namun juga bagian dari komunitas TOSCA serta masih berstatus sebagai mahasiswa aktif di Telkom University. Pada sesi tersebut Hanif mempresentasikan tentang apa itu Mozilla beserta project dan produk yang diinisiasi dan didukung oleh Mozilla. Lalu berlanjut menjelaskan tentang Mozilla Indonesia yang merupakan bagian dari komunitas global Mozilla.

Kemudian materi tentang Firefox Lite dan Firefox 70.0 dibawakan oleh Lidya, salah satu Mozilla Representatif dan keyholder di Mozilla Community Space Jakarta. Selain memperkenalkan fitur-fitur yang tersemat di versi terbaru Firefox Lite dan Firefox 70.0, Lidya juga menceritakan sedikit tentang pengalaman volunteering non-teknisnya melalui pelokalan proyek dan produk Mozilla. Kemudian sharing ini diakhiri dengan mengajak teman-teman yang hadir untuk ikut berpartisipasi dalam Mozilla Campaign dalam membuat 5000 akun Firefox baru (baca lebih lanjut di sini) yang tentu tujuannya adalah menyebarluaskan pentingnya privasi dan menjaga identitas pribadi saat daring. Dengan lebih banyak yang bergabung, kita sudah ambil bagian dalam meningkatkan kesadaran teman ataupun orang-orang di sekitar, bahwa kita punya kendali pada aktivitas daring agar tidak dimanfaatkan dan/atau disalahgunakan untuk keuntungan pihak tertentu tanpa sepengetahuan kita.

Sesi berikutnya dibawakan oleh Iffan yaitu mengenai Web Virtual Reality (Web VR). Iffan adalah Mozillian dan juga salah satu keyholder di Mozilla Community Space Jakarta. Iffan berbagi mengenai materi ini sembari belajar sehingga sesi ini dijabarkan dengan sederhana dan bertahap ditambah diselingi dengan candaan khas developer ^^. Sesi ini mengupas tentang Mozilla menyediakan akses kepada semua orang untuk mempelajari teknologi VR melalui web. Seperti diketahui bersama, teknologi VR ini tidak hanya baru namun juga tidak murah meski untuk sekedar ingin tahu dan mencoba-coba. Semakin baik tampilan yang diinginkan berbanding lurus dengan harga VR headset-nya. Dengan adanya teknologi Web VR menjadi jalan tengah untuk mempelajari VR dengan biaya minim bahkan gratis.

Keseluruhan sesi ditutup dengan sesi tanya jawab dan berfoto bersama. Tunggu kunjungan Mozilla Indonesia di #MozKampus berikutnya ya!

Daftar tautan:

  1. Perkenalan tentang Mozilla dan komunitas Mozilla Indonesia, klik di sini

  2. Presentasi tentang rilis Firefox Lite & Firefox 70, klik di sini

  3. Materi Web VR oleh Iffan Majid, klik di sini

  4. Tautan lainnya seputar #WebVR

    1. https://mozvr.com

    2. https://aframe.io

    3. https://glitch.com

    4. https://webvr.info

    5. https://webvr.rocks

Folder untuk cari foto MozKampus Bandung : https://drive.google.com/open?id=1p3HA93xAiKZxBGfHLVmDRfpziVpEHENP