Komunitas Desain Mozilla


Mozilla, lewat program Participation, baru saja meluncurkan Komunitas Desain sebagai wadah untuk Mozillians yang ingin ikut berkontribusi dari sisi desain. Seperti kita ketahui, bahwa Mozilla adalah komunitas global yang tersebar di berbagai belahan dunia. Dan setiap komunitas tersebut ikut mendukung misi Mozilla dalam menjaga agar web tetap terbuka untuk semuanya. Namun, apabila bicara Mozilla, biasanya para kontributor yang ada, punya latar belakang tidak jauh dari pekerjaan IT atau programmer. Padahal, komunitas memerlukan anggota dengan keberagaman latar belakang agar komunitas itu bisa berkembang. Begitu juga di Mozilla, yang sebetulnya memiliki banyak penggemar yang senang menggunakan peramban Mozilla Firefox, dan ingin ikut ambil bagian dalam mendukung misi Mozilla.

Seperti saya sendiri contohnya. Saya berlatar belakang sebagai seorang Web Desainer. Meskipun demikian, pekerjaan programming bukanlah hal yang saya sukai ataupun kuasai dengan baik. Sehingga, sebagian besar kontribusi yang saya berikan di Komunitas Mozilla sejak saya bergabung pada tahun 2010, sebagian besar bersifat desain atau kreatif. Dan saya menyadari bahwa peranan orang-orang dengan latar belakang desainer, juga sangat dibutuhkan dalam Komunitas Mozilla.

Lewat Komunitas Desain ini, Mozilla mengajak kita semua yang senang berkontribusi, dan ingin ikut ambil bagian, bisa bergabung dalam Komunitas Desain ini. Dengan adanya Komunitas Desain, maka diharapkan pekerjaan desain dalam komunitas bisa lebih terdistribusi. Dan apabila dari komunitas ada hal-hal yang membutuhkan peranan desainer, maka mudah untuk mencari bantuan.

Alat komunikasi yang digunakan adalah GitHub, dan Discourse (Forum).

Lainnya: