Mozilla Indonesia di Festival TIK 2015

Setiap tahun, Relawan TIK Indonesia mengadakan acara yang mengumpulkan puluhan komunitas-komunitas yang berkecimpung di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi beserta ratusan anggotanya dari berbagai penjuru negeri. Acara itu dinamakan Festival TIK, dimulai pertama kali pada tahun 2012 di Politeknik Telkom (yang kini telah menjadi bagian dari Telkom University). Sejak tahun 2013 atau Festival TIK ke-2, Komunitas Mozilla Indonesia turut berpartisipasi di acara ini. Dan kali ini, Festival TIK 2015 kembali hadir dan diadakan di Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Komunitas Mozilla Indonesia pun kembali berpartisipasi.

Selama acara berlangsung, saya dibantu oleh teman-teman Reps dan Firefox Student Ambassadors (FSA) antara lain Irayani ‘Rara’ Queencyputri (Mozilla Reps dan mentor saya), Muhammad Fadhil (Mozilla Reps), Shinta Setiawan (Mozilla Reps), Rizky Ariestiyansyah (Mozilla Reps & Regional Ambassadors Lead di Indonesia, FSA), Budiman Oktavianus (FSA, STMIK Nusa Mandiri) dan Bimo Aryo (FSA, Institut Teknologi Bandung).

Komunitas Mozilla Indonesia menghadirkan berbagai kegiatan selama Festival TIK 2015 dilaksanakan. Kami membuka #MozBooth di mana pengunjung bisa mengetahui lebih tentang Mozilla dan proyek-proyeknya, khususnya Firefox OS dan Webmaker; Firefox Clinic, memungkinkan pengguna bertanya apapun tentang Firefox dan solusi dari masalah yang dihadapi kepada Mozillians; Firefox OS Demo, memungkinkan pengguna mencoba ponsel pintar Firefox OS seperti Keon dan Flame; dan permainan HTML Puzzle Box, di mana pengunjung bisa belajar HTML sambil bermain dan memenangkan berbagai swag seperti pin dan stiker.


^ Mempersiapkan #MozBooth (Photo Credit: Rara)

^ Perangkat Firefox OS yang ditampilkan di booth (Photo Credit: Rara)

Alhamdulillah, #MozBooth sangat ramai dikunjungi banyak pengunjung. Mereka sangat antusias dengan kehadiran ponsel Firefox OS dan permainan HTML Puzzle Box. Bahkan, MozBooth pun dikunjungi oleh Bapak Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika. Beliau sangat senang dengan kehadiran kami di Festival TIK karena beliau juga menggunakan Firefox.

^ Pengunjung coba memainkan HTML Puzzle Box? (Photo Credit: Rara)

^ Saya ketika memamerkan perangkat Firefox OS kepada pengunjung booth ?(Photo Credit: Rara)


^ Kunjungan Menkominfo, Bpk. Rudiantara ke #MozBooth Mozilla Indonesia ?(Photo Credit: Rara)

Selain #MozBooth, kami pun mendapat kesempatan untuk mengadakan workshop di hari pertama Festival TIK. Dalam workshop, saya memperkenalkan Mozilla sebagai yayasan nirlaba dan berbagai macam proyek dari Mozilla yang salah satunya adalah Firefox OS. Workshop dihadiri oleh 55+ peserta, melebihi dari kuota seharusnya yaitu 40 orang.

Dua hari yang cukup melelahkan sekaligus menyenangkan. Saya ucapkan terima kasih banyak untuk Mak Meti, Pak Fajar Eri, dan seluruh panitia Festival TIK 2015 yang sudah mengijinkan kami turut serta selama acara berlangsung. Terima kasih juga untuk Rara, Fadhil, Shinta, Rizky, Budiman dan Bimo yang telah bantu menyukseskan #MozBooth di Festival TIK 2015.

^ Semua foto dengan tagar #MozFesTIK

Seluruh kemeriahan yang terjadi di #MozBooth dapat dilihat di album Flickr milik saya dan Rara. Selain itu, seluruh foto dari para pengunjung yang diunggah ke media sosial dengan tagar #MozFesTIK dapat dilihat di galeri Jepret Story.

Sampai bertemu di Festival TIK tahun depan!

Sumber: medium.com/@fauzanalfi