Asyiknya Browsing Tanpa Notifikasi Pengganggu

Perhatian Anda di dunia maya tidak ternilai harganya. Itulah kenapa semua situs web ingin mendapatkan perhatian Anda dengan terus mengirimi notifikasi konten terbaru mereka. Notifikasi semacam ini terasa mengganggu bahkan menjengkelkan. Versi terbaru Firefox untuk desktop memungkinkan Anda memblokir semua permintaan notifikasi dan permintaan sejenisnya.

Begini caranya

Anda bisa temukan pengaturan untuk memblokir permintaan munculnya notifikasi di Options > Permissions > Notification Settings > Block new requests asking to allow notifications. Untuk pengguna Mac, Preferences > Permissions > Settings > Block new requests untuk mengizinkan munculnya notifikasi.

Anda juga bisa mengubah pengaturan untuk situs atau aplikasi web yang menghendaki izin akses terhadap lokasi, kamera dan mikrofon perangkat Anda.

Pengaturan notifikasi ini akan memblokir semua yang memakai Push protocol standar web. Jika Anda enggan memblokir semua situs web, Anda bisa memberikan pengecualian pada situs yang boleh mengirimkan notifikasi. Jika situs-situs yang Anda itu sudah pernah meminta izin mengirimkan notifikasi, akan ada pemberitahuan di daftar tersendiri.

Beberapa situs masih bisa lolos dari pembatasan ini dan pemblokir notifikasi popup yang memakai teknologi HTML5 terbaru. Tapi seringnya notifikasi popup semacam ini lebih menjengkelkan pengguna internet. Komunitas Mozilla tengah mengerjakan sebuah proyek open-source untuk menemukan pop-up tadi dan memblokir semuanya. Pengembang Ehsan Akhgari sedang membuat sebuah add-on untuk memblokir popup di Firefox. Jika Anda tahu sebuah situs yang memiliki popup yang membandel, beritahukan pada Ehsan Akhgari dan timnya di sini.

Kata Ehsan,“Mozilla tengah mengumpulkan dataset berisi popup in-page yang dibuat dalam HTML. Popup ini semua dibuka pada waktu yang bervariasi, seperti saat memuat laman, menjelajah laman, sedang tidak aktif, berganti laman atau kembali ke sebua tab, dan sebagainya. Kami menghargai bantuan Anda dalam pengumpulan dataset melalui pengumpulan URL laman tempat popup seperti itu bisa ditemukan. Anda bisa menemukan contohnya di tangkapan layar berikut ini. Dataset yang dihasilkan akan tersedia di bawah lisensi Creative Commons BY 4.0 (Creative Commons Attribution 4.0 International).”

Hanya saja, tak semua popup itu buruk. Sebagian situs menggunakan popup untuk memberitahukan informasi penting bagi pengguna mengenai akun mereka. Ehsan dan timnya bekerja keras menemukan cara untuk memilah popup yang positif dari yang negatif.

Untuk mengaktifkan pemblokiran popup permintaan notifikasi, Anda bisa memblokir versi terkini Firefox di sini.

Sumber: blog.mozilla.org

Diterjemahkan oleh Akhlis Purnomo.