Firefox terbaru diluncurkan dengan Enhanced Tracking Protection

Di Firefox, kami selalu berusaha untuk membuat fitur yang sejalan dengan misi Mozilla untuk memberikan kontrol akan data dan privasi pengguna ketika berinteraksi secara daring. Baru-baru ini kami mengumumkan pendekatan Anti-pelacakan dimana kami membicarakan tentang 3 fitur kunci yang kami fokuskan untuk membantu pengguna merasa aman ketika mereka berseluncur di web. Dengan rilis hari ini, kami membuat kemajuan untuk "menghapus pelacakan antar-situs" dengan apa yang kami sebut Enhanced Tracking Protection. Untuk menyeimbangkan preferensi baru ini dengan pengalaman yang pengguna ingin dan harapkan, kami meluncurkan fitur ini tanpa menjadikannya preferensi baku dan memulai dengan kuki pihak-ketiga. Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang pendekatan kami di sini.

 

Apa itu kuki pelacakan dan mengapa saya harus memblokirnya?

Kuki sudah ada sejak awal adanya web. Kuki diciptakan agar peramban bisa menyimpan sedikit informasi, seperti pengingat jika Anda sudah masuk ke sebuah situs. Seperti teknologi lain, kuki memiliki banyak manfaat, termasuk manfaat yang tidak mudah untuk dipahami. Hal ini termasuk penggunaan kuki untuk melacak kebiasaan Anda di internet, teknik yang disebut pelacakan antar-situs, yang kebanyakan dilakukan tanpa sepengetahuan Anda. Kami membahasnya lebih dalam tulisan blog Firefox Frontier.

Kita semua punya pengalaman mendapat iklan yang berubah-ubah berdasarkan penjelajahan kita dari lintas situs. Iklan tersebut sering kali adalah tentang barang yang tidak menarik untuk Anda beli, namun internet membuat promosi tersebut menyebar dengan mudah. Mungkin ini bukan masalah besar, namun kami berpikir Anda harus punya hak dalam menentukan bagaimana data Anda digunakan. Lagi pula, hal ini lebih dari sepasang sepatu menyebalkan yang membuntuti Anda kemanapun, namun tentang data yang bisa digunakan untuk secara perlahan membentuk konten yang Anda konsumsi atau bahkan mempengaruhi opini Anda.

Di Firefox, kami percaya dalam memberikan kontrol ke pengguna, dan pada akhirnya memberikan pengguna pilihan untuk memblokir kuki pelacak pihak ketiga dan informasi yang mereka kumpulkan.

 

Memperkenalkan Enhanced Tracking Protection dari Firefox

Dengan rilis hari ini, pengguna akan memiliki opsi untuk memblokir kuki dan akses penyimpanan dari pelacak pihak ketiga. Hal ini dirancang untuk memblokir teknik paling umum dari pelacakan antar-situs.

Untuk menemukan opsi ini, masuklah ke Options/Preferences di Firefox Anda. Di menu lebelah kiri, klik pada Privacy & Secutiry. Di bawah Content Blocking, klik kotak centang di sebelah "Third-Party Cookies" dan pilih “Trackers (recommended)”:

Anda mungkin akan melihat tingkah laku aneh pada website setelah mengaktifkannya. Jika ada yang terlihat tidak beres dan tidak berfungsi dengan benar, Anda bisa menonaktifkan proteksi pada situs tertentu dengan memilih ikon perisai di bilah alamat, lalu klik “Disable Blocking For This Site”.

Kami akan terus menguji fitur ini dan berharap untuk meluncurkannya secara baku di awal tahun 2019. Pengembang dan pemilik situs bisa membaca tentang spesifikasi dan fungsionalitas di sini.

Fitur tambahan yang kami perkenalkan di Firefox yang rilis hari ini termasuk:

  • Pemintas Pencarian - Pertama, kami tau tujuan utama pengguna menggunakan web adalah untuk mencari informasi. Kedua, siapa yang tidak suka menghemat waktu untuk mencapai tempat yang mereka inginkan, seperti menggunakan ojek daripada harus terjebak macet dengan mobil? Kami mengkombinasikan 2 hal tersebut dan menciptakan Pemintas Pencarian. Kami menyematkan 2 situs popular yang banyak digunakan untuk melakukan pencarian, Amazon dan Google, di laman Tab Baru. Saat ini, fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna di US. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur ini, kunjungi tulisan blog Firefox Frontier.
  • Mengadaptasi pengaturan warna Windows gelap/terang - Firefox akan menyesuaikan tema gelap atau terang yang Anda pilih di pengaturan Windows untuk menciptakan harmoni sehingga membuat Anda nyaman seperti di rumah sendiri.
  • Pemintas Siri di Firefox untuk iOS - Mulai rilis hari ini, pengguna bisa membuka tab baru di Firefox dengan perintah suara. Ini pemintas pertama dari beberapa pemintas yang akan kami tambahkan di bulan berikutnya.
  • Untuk pengembang, kami memiliki perlengkapan untuk membantu Anda di rilis terbaru ini. Kunjungi tulisan blog Hacks untuk informasi lebih lanjut.

 

Kami akan terus bekerja keras untuk menciptakan fitur untuk memberikan kontrol pada pengguna ketika di web. Pantau terus blog Mozilla untuk pembaruan selanjutnya di bulan-bulan mendatang.

Sementara ini, cobalah dan unduh versi terbaru Firefox Quantum yang tersedia di sini. Untuk versi terbaru Firefox untuk iOS, kunjungi App Store.

Sumber : blog.mozilla.org