Menemukan Kembali Firefox for Android: Preview

Di Firefox, kami bersemangat untuk mempersembahkan beragam solusi bagi Anda yang peduli dengan privasi dan kebebasan. Selama beberapa bulan, kami telah menyusun strategi baru bagi produk-produk kami di Android untuk memberikan layanan yang lebih baik. Kini kami dengan bangga memberitahukan bahwa akan ada sebuah peramban baru untuk perangkat Android yang tersedia untuk diuji para pengadopsi awal untuk diuji sejak saat ini. Kami akan memberikan versi terbaru dari versi aplikasi unggulan kami yang lebih baik dan kaya bulan Oktober nanti.

^ Firefox Preview — our new mobile pilot app for Android

Selalu hidup, selalu rahasia: Firefox mobile yang terbaru dan lebih baik

Lain dari perusahaan-perusahaan teknologi besar, yang baru-baru ini mulai memperhatikan aspek privasi, kami telah lebih dulu meluncurkan Firefox Focus dua setengah tahun lalu. Firefox Focus ini adalah sebuah peramban (browser) di ponsel yang memungkinkan Anda menjelajahi internet tanpa diikuti oleh para pelacak. Sambil terus menyempur nakan Firefox Focus, kami menyadari bahwa para pengguna menuntut pengalaman menjelajahi web yang lebih lengkap di ponsel mereka tanpa menggadaikan privasi dan keamanan sebagaimana aplikasi-aplikasi yang tersedia di pasaran. Maka kami memutuskan untuk membuat Firefox menjadi lebih mirip Focus tetapi dengan semua kemudahan dan fasilitas sebuah peramban berfitur lengkap di ponsel. Hasilnya adalah versi awal dari apa yang kami sebut dengan Firefox Preview.

Membawa performa Firefox Quantum ke perangkat bergerak, dengan GeckoView

Dengan Firefox Preview, kami menggabungkan hal-hal terbaik dari aplikasi Focus yang ringan dan peramban-peramban terkini kami di perangkat bergerak untuk menyuguhkan pengalaman terbaik di kelasnya. Aplikasi terbaik ini ditenagai oleh mesin peramban bergerak Firefox sendiri yang bernama “GeckoView” -- motor yang menghadirkan performa dan berfitur sama baiknya sebagaimana yang ditemukan dalam aplikasi Focus.

Anda mungkin ingat bagaimana kami merombak mesin di balik peramban Firefox untuk desktop pada tahun 2017 yang memungkinkan kami untuk meningkatkan pengalaman pengguna desktop secara signifikan. Sebagai hasilnya, Firefox Quantum sekarang berubah menjadi lebih cepat, lebih efisien, dilengkapi dengan antarmuka yang modern dan menjadi Firefox generasi berikutnya. Penerapan GeckoView juga membantu merintis perubahan radikal pengalaman penggunaan Firefox di perangkat bergerak. Sementara peramban-peramban lain di Android kini dibuat dengan Blink sebagai fondasi sehinga mencerminkan keputusan Google mengenai perangkat bergerak, mesin GeckoView milik Firefox memastikan kita dan para pengguna untuk tetap memiliki kebebasan. Membuat Firefox untuk Android juga memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi terkait jenis-jenis fitur privasi dan keamanan yang dapat kami tawarkan bagi para pengguna perangkat bergerak. Dengan GeckoView, kami memiliki kemampuan untuk mengembangkan peramban-peramban yang lebih cepat, lebih aman dan lebih ramah pengguna yang memberikan performa yang melampaui yang sudah ada.

Membahas secara lebih spesifik lagi terkait fitur-fitur, berikut adalah sejumlah fungsi Firefox Preview yang dimungkinkan oleh GeckoView:

  • Lebih cepat dari sebelumnya: Firefox Preview dua kali lebih cepat daripada versi-versi Forefox for Android sebelumnya.
  • Cepat berkat desain: dengan layar awal dan bar navigasi bawah yang minimalis, Preview membantu Anda melakukan lebih banyak hal di perangkat bergerak Anda.
  • Tetap terorganisir: Pahami web dengan Collections, sebuah fitur baru yang membantu Anda menyimpan, mengatur dan membagikan koleksi situs web. Simpan dengan cepat dan kembali ke tugas lain yang ingin Anda kerjakan seperti rutinitas harian, daftar belanja, rencana perjalanan dan sebagainya.
  • Tracking Protection otomatis: Setiap orang berhak mendapatkan kebebasan dari pelacak iklan yang mengganggu dan pihak lainnya yang mengganggu sehingga Firefox Preview memblokir secara otomatis. Sebagai hasilnya, pengalaman pengguna dalam menjelajahi internet akan lebih cepat dan mulus.Dengan Firefox Preview, Anda akan dapat menjelajahi internet dengan lebih cepat, efisien, dan rahasia di perangkat bergerak Anda.

^ With Firefox Preview you’re browsing the mobile web faster, more efficiently and more privately

Untuk informasi lebih lengkap mengenai bagaimana Anda dapat menggunakan GeckoView dalam portofolio produk kami,  silakan kunjungi artikel blog di Mozilla Hacks.

Jadilah yang pertama untuk menguji Firefox Preview

Sebelum kami merilis produk-produk kami ke pasar, kami menjalankan sejumlah eksperimen berbeda yang akan kami pelajari dan membantu kami untuk menyempurnakan produk untuk konsumsi pasar. Misalnya, peramban desktop Firefox Quantum kami telah diluncurkan dalam bentuk versi beta, kanal terpisah yang diperuntukkan bagi para pengembang atau pengadopsi awal teknologi untuk menguji beragam fitur baru sebelum dirilis ke masyarakat luas.

Apa yang kami rilis sekarang juga versi awal dari peramban eksperimental kami untuk para pengguna Android dengan berdasarkan pada GeckoView. Firefox Preview ialah aplikasi bergerak yang terpisah serta ditujukan terutama bagi para pengembang dan pengadopsi awal teknologi yang ingin membantu kami menyempurnakan Firefox di Android. Pengalaman pengguna pada versi awal ini akan berbeda secara signifikan dari produk akhirnya, dan direncanakan akan dirilis akhir tahun ini. Kami mengandalkan para pengguna yang setia untuk mencoba dan memberikan masukan (melalui Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya atau di GitHub) yang akan memungkinkan kami untuk merilis Firefox yang sebaik mungkin dan menyempurnakan GeckoView secara terus-menerus.

Bagaimana strategi di platform bergerak kami mempengaruhi produk-produk yang telah ada

Di paruh kedua 2019, kami akan mengarahkan upaya-upaya kami pada optimasi pengalaman penggunaan Firefox pada berbagai perangkat Android. Untuk memberikan fondasi yang kuat bagi generasi peramban Firefox selanjutnya dan memfokuskan semua upaya dan sumber daya kami ke dalam GeckoView, pengerjaan Firefox Focus sekarang ini masih ditahan. Namun, jangan khawatir, karena Anda masih akan bisa menggunakan peramban yang mempriritaskan privasi Anda tersebut, Focus, dan juga masih dapat menggunakan Firefox for Android yang tersedia saat ini.

Terus ikuti kabar terbaru dari kami!

Kami harap pembaruan dari tim Firefox Mobile membuat Anda lebih tertarik pada strategi baru kami di segmen perangkat bergerak (mobile) pada tahun ini. Kami berencana untuk membawa pengalaman menggunakan peramban di perangkat bergerak ke tingkat yang lebih tinggi. Tak peduli di manapun, kapanpun atau di perangkat apapun, kami di Firefox yakin bahwa Anda akan selalu pantas mendapatkan pengalaman pengguna yang terbaik. Dan kami akan melakukan yang terbaik untuk mewujudkannya bagi Anda.

Silakan lihat pratinjau untuk Firefox for Android terbaru, dan jangan ragu untuk menyampaikan pendapat Anda mengenai aplikasi ini.

Source : https://blog.mozilla.org/press/2019/06/reinventing-firefox-for-android-a-preview/

 

Diterjemahkan oleh Akhlis Purnomo.