Meramaikan Kampanye #FoxYeah lewat #MozkopdarSMG

Sabtu (20/06) kemarin, Komunitas Mozilla Indonesia kembali mengadakan Mozkopdar di Kota Semarang. Kali ini karena kebetulan bertepatan dengan bulan Ramadhan, acara dimulai sore hari dari pukul 16:30 sampai dengan pukul 20:00. MozkopdarSMG kali ini diadakan di Legend Coffee, Semarang. Sebuah kafe baru di Semarang dengan konsep cafe & game. Jadi pengunjung bebas memainkan permainan yang tersedia di kafe ini sepuasnya. Agenda Mozkopdar kali ini adalah membahas fitur terbaru dari Firefox 38, perkenalan tentang Mozilla Club serta demo Android Appmaker, juga pengenalan campaign terbaru dari Mozilla, Foxyeah.

Saya membuka acara ini pada pukul 17:00 dengan perkenalan singkat, kemudian dilanjutkan sesi pengenalan fitur-fitur terbaru dari Firefox 38 oleh Diky Arga. Dalam sesi ini, Diky juga sempat melakukan demo Firefox Hello bersama Fachrul Rozy, seorang FSA dari Sinjai, Sulawesi Selatan yang kala itu juga sedang mengadakan mozkopdar di Sinjai.

[atube]5OBiMgT5yNo[/atube]

Kemudian pukul 17:30 acara dilanjut dengan kegiatan buka bersama & sholat maghrib. Pukul 18:30 acara dilanjutkan kembali dengan game HTML puzzle box. Dua orang peserta bersaing untuk menyusun tag HTML.

Acara kemudian saya lanjutkan kembali dengan penjelasan tentang Mozilla Club. Para peserta tampak antusias dengan sesekali bertanya tentang hal-hal terkait Mozilla Club. Selain itu, saya juga mengenalkan Firefox Friends dan kampanye Foxyeah terbaru dari Mozilla serta mengenalkan situs Komunitas Mozilla Indonesia yang baru (mozilla.or.id).

Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi demo aplikasi android appmaker yang dipandu oleh Reza Faiz A. Reza Faiz mengenalkan fitur-fitur yang ada di aplikasi Appmaker android yang rencananya akan diluncurkan di Indonesia bulan Agustus mendatang.

MozkopdarSMGSetelah sesi tersebut, Diky Arga kembali membawakan materi kedua yaitu tentang program Firefox Student Ambassador. Peserta yang didominasi oleh kalangan mahasiswa juga terlihat antusias dengan program FSA ini. Setelah itu acara ditutup dengan pembagian hadiah bagi para pemenang kuis twitter dan dilanjut dengan sesi foto bersama.

Pelaksanaan MozkopdarSMG kali ini sedikit berbeda karena tidak dipandu oleh Mozilla Representative melainkan dipersiapkan oleh FSA serta Mozillian yang lain. Untuk itu kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada para FSA dari UDINUS Semarang yaitu Diky Arga, Reza Faiz, dan Zakiy Fakhri yang sudah membantu terselenggaranya acara ini. Juga untuk Budi dan Dito yang sudah membantu dokumentasi selama acara berlangsung dan juga seluruh peserta yang sudah meramaikan MozkopdarSMG kemarin. Sampai bertemu di Mozkopdar selanjutnya! (:

Check our Flickr Photos.

Sumber : kelimuttu.co