BlogMozillaNews

Saatnya untuk bersatu melawan ujaran kebencian dan disinformasi

By July 28, 2020No Comments

Hari ini adalah hari aksi global #StopHateForProfit

Setelah puluhan ribu orang melakukan aksi yang sama dengan Anda, lebih dari 400 perusahaan terbesar di dunia juga mempertanyakan Mark Zuckerberg perihal ujaran kebencian dan disinformasi yang merajalela di Facebook – dan seperti berita terbaru minggu lalu bahwa Disney diam-diam juga menghentikan sementara semua iklannya di Facebook.

Facebook masih menjadi tempat di mana begitu mudah menemukan kebencian, kefanatikan, rasisme, anti semitisme, dan seruan kekerasan. Setelah Mark Zuckerberg dan Sherly Sandberg bertemu dengan mitra kami, jelas bahwa dibutuhkan lebih banyak pihak untuk membuat mereka menangani masalah ini dengan serius.

Hari ini, Mozilla berdiri bersama mitra dalam koalisi #StopHateForProfit dan bergabung dalam hari aksi global untuk menyampaikan pesan pada CEO Facebook Mark Zuckerberg: cukup sudah. Maukah Anda bergabung dengan ratusan ribu orang lainnya yang ikut mendukung koalisi ini untuk menyampaikan pesan pada Zuckerberg untuk #StopHateForProfit?

Tidak punya akun Facebook atau Twitter? Teruskan surel ini ke teman yang menggunakannya.

Tekanan publik terhadap Zuckerberg berhasil. Meskipun Facebook menyatakan sebaliknya, memanggil Zuckerberg secara langsung untuk melakukan sesuatu membuahkan hasil. Dalam beberapa minggu terakhir, Zuckerberg mengumumkan perubahan yang lumayan dalam kebijakan Facebook mengenai ujaran kebencian melalui iklan. Setelah adanya tekanan publik, Zuckerberg berkomitmen untuk menjalankan Facebook dengan energi bersih.

Namun sejauh ini, respon Facebook terhadap kampanye #StopHateForProfit masih belum cukup dan kita ingin mereka untuk melakukan lebih dari yang sudah dilakukan.

Facebook masih cukup panas setelah membiarkan hasutan kebencian hingga kekerasan setelah kejadian pembunuhan George Floyd oleh polisi, dan audit hak sipil mereka menyebut Facebook menyesalkan adanya ujaran kebencian dan disinformasi yang makin menjadi-jadi di platformnya.

Kekuatan besar datang dengan tanggung jawab besar: Facebook memiliki lebih dari 2,6 milyar pengguna bulanan, dan bernilai ratusan milyar dolar AS. Setiap hari, orang menggunakan Facebook untuk mempelajari isu-isu dalam masyarakat kita dan berinteraksi satu sama lain — dan dibutuhkan ruang yang aman untuk melakukannya. Tanpa aksi konkret, ujaran kebencian dan disinformasi di Facebook akan terus berlanjut memecah-belah masyarakat.

Maukah Anda bergabung dalam hari aksi global dan menyampaikan pesan pada Zuckerberg dan Facebook untuk bertanggung jawab pada masyarakat dan #StopHateForProfit?

Artikel ini adalah artikel terjemahan.
Baca sumber artikel dalam bahasa Inggris di sini.

Leave a Reply